Bismillah, assalamu'alaikum sahabat..
Alhamdulillah, saya masih bisa bertahan di pekan ketiga tahap kupu-kupu kelas buncek batch #2. Waw, terimakasih diriku sudah mau berjuang dan bertahan. Pertahankan dan lanjutkan yaaa!! Syemangat!! Hehe.
Pekan ketiga mentorship kali ini tentang menguatkan strong why tujuan kita yang ingin dicapai untuk menjadi cekatan. Seperti pekan sebelumnya, tujuan saya masih berkutat tentang menguatkan bonding bersama anak-anak.
Form jurnal pertama saya buatkan skala prioritas tentang tujuan saya. Saya mengambil dua sub topik yang ingin saya fokuskan yaitu tentang manajemen diri dan komunikasi dengan anak-anak, sesuai peta belajar yang sudah saya buat sebelumnya. Manajemen diri insyaallah sudah saya pahami dan selesaikan di tahapan sebelumnya, kini saya ingin fokus akan berkomunikasi dengan anak-anak. Alhamdulillah, insyaallah saya bertemu dengan mentor yang tepat. Mbak Inaya banyak memberikan saya wejangan dan juga kunci-kunci untuk membuka ruang komunikasi yang masih cukup membeku antara saya dan anak-anak. Lalu, skala prioritas lainnya, insyaallah akan saya pelajari selesai dari kelas bunda cekatan. Bismillah, lulus!! ^^
Selesai menyusun skala prioritas, saya mengerucutkan tujuan belajar saya di tahap mentorship ini. Saya membuat tiga tujuan pembelajaran yaitu :
1. mengelola emosi terhadap diri sendiri; target saya, saya bisa membentuk emosi positif di setiap emosi negatif yang muncul. Karena saya sadar tipe yang ekspresif dalam menampakkan amarah. Bagi saya sulit untuk menunjukkan emosi positif yang benar-benar terpancar dari hati. Dan, saya ingin belajar itu.
2. mengelola emosi dalam menghadapi anak-anak; setelah saya selesai dengan manajemen diri terutama manajemen emosi, saya melanjutkan perjalanan healing saya untuk berkomunikasi dengan anak-anak yang dapat ditangkap pesannya dengan sempurna tanpa amarah dan miss informasi.
3. membersamai anak-anak lebih bermakna dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan. Setelah saya menyelesaikan semua misi tujuan satu dan dua, akhirnya saya ingin bersama anak-anak dengan rasa aman dan nyaman serta bahagia tanpa ada miss diantara kami, insyaallah.
Lalu, saya buatkan beberapa rencana untuk menyelesaikan misi saya akan tujuan akhir belajar. Tentu, langkah-langkah ini sesuai arahan dari mentorku yang kece. 😇
Saya membuat beberapa langkah kecil untuk mengaktualkan tujuan saya, diantaranya :
1. Mengendalikan intonasi suara ketika berbicara dengan anak :
🎯 latihan menajamkan indra- submodalitas
2. Menyelesaikan masalah dengan solusi tanpa melulu lihat masalahnya:
🏹 latihan reframing : frame adalah cara kita melihat dan menilai sesuatu / berpresepsi. Reframing adalah mengubah presepsi awal menjadi lebih memberdayakan.
3. Memberikan reward :
🏆 latihan menjadi detektif kebaikan
🏆 latihan memuji yg efektif
Demikian jurnal pekanan saya kali ini, esok sudah mulai eksekusi.
Tujuan tanpa rencana tidak akan menjadi hal nyata hanya sekedar harapan saja, maka tulis rencana kita untuk menggapai tujuan yang telah dibuat dalam pekan sebelumnya.
Salam semangat dan sehat selalu ya sahabat.
_Eno Nf_
0 Komentar